Penulis : Angga Prasetio Romadhon & Murinto
Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba menganalisa jurnal ini. Di jurnal ini penulis membahas rendering objek berbasi multimedia.
Rendering adalah proses akhir dari keseluruhan proses
pemodelan ataupun animasi komputer. Dalam rendering, semua data-data yang
sudah dimasukkan dalam proses modeling, animasi, texturing, pencahayaan
dengan parameter tertentu akan diterjemahkan dalam sebuah bentuk output.
Dalam standard PAL system, resolusi sebuah render adalah 720 x 576
pixels. Bagian rendering yang sering digunakan:
- Field Rendering
Field rendering sering digunakan untuk mengurangi strobing
effect yang disebabkan gerakan cepat dari sebuah obyek dalam rendering
video.
- Shader
Shader adalah sebuah tambahan
yang digunakan dalam 3D software tertentu dalam proses special rendering.
Biasanya shader diperlukan untuk memenuhi kebutuhan special effect
tertentu seperti lighting effects, atmosphere, fog dan sebagainya.
Di proses rendering 3D juga melibatkan 5 komponen utama yaitu Geometri, Kamera
atau point of view, Cahaya, Texture
atau karakteristik Permukaan dan Algoritma Rendering.
Kelebihan
- Pemakaian bahasa dalam penulisan jurnal mudah di pahami.
- Pada jurnal ini materi dan teori yang di cantumkan sangat lengkap dan banyak.
Kekurangan
- Penulis tidak menjelaskan cara pembuatan dari aplikasinya tersebut.
- Penulis hanya menjelaskan hasil dari apilkasinya bukan tahap-tahap pembuatannya.
Jurnal Rendering
Tidak ada komentar:
Posting Komentar