Kamis, 13 November 2014

Review Jurnal Pemodelan Grafik - 2

Judul Jurnal : MEDIA PEMBELAJAR PROSES RENDERING OBJEK PADA MATA KULIAH GRAFIKA KOMPUTER BERBASIS MULTIMEDIA
Penulis : Angga Prasetio Romadhon & Murinto

Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba menganalisa jurnal ini. Di jurnal ini penulis membahas rendering objek berbasi multimedia.

Rendering adalah proses akhir dari keseluruhan proses pemodelan ataupun  animasi komputer. Dalam rendering, semua data-data yang sudah dimasukkan  dalam proses modeling, animasi, texturing, pencahayaan dengan parameter  tertentu akan diterjemahkan dalam sebuah bentuk output. Dalam standard PAL  system, resolusi sebuah render adalah 720 x 576 pixels. Bagian rendering yang  sering digunakan:
 - Field Rendering
Field rendering sering digunakan untuk mengurangi strobing effect yang  disebabkan gerakan cepat dari sebuah obyek dalam rendering video.
- Shader
 Shader adalah sebuah tambahan yang digunakan dalam 3D software tertentu  dalam proses special rendering. Biasanya shader diperlukan untuk memenuhi  kebutuhan special effect tertentu seperti lighting effects, atmosphere, fog dan  sebagainya. 

Di proses rendering  3D juga melibatkan 5 komponen utama yaitu Geometri, Kamera atau point of view, Cahaya, Texture atau karakteristik Permukaan dan Algoritma Rendering.

Kelebihan
  • Pemakaian bahasa dalam penulisan jurnal mudah di pahami.
  • Pada jurnal ini materi dan teori yang di cantumkan sangat lengkap dan banyak.
Kekurangan
  • Penulis tidak menjelaskan cara pembuatan dari aplikasinya tersebut.
  • Penulis hanya menjelaskan hasil dari apilkasinya bukan tahap-tahap pembuatannya. 
Sumber :
Jurnal Rendering

Tidak ada komentar:

Posting Komentar