Kamis, 13 November 2014

Review Jurnal Pemodelan Grafik - 3



Judul Jurnal : Pembuatan Aplikasi Tata Ruang Tiga Dimensi Gedung Serba Guna Menggunakan Teknologi Virtual Reality
Penulis    : Ully Asfari, Bambang Setiawan, dan Nisfu Asrul Sani 

Saya akan menganalisa jurnal ini yaitu tentang Pembuatan Aplikasi Tata Ruang Tiga Dimensi Gedung Serba Guna Menggunakan Teknologi Virtual Reality. Dalam pembuatan Virtual Reality ini juga menggunakan objek 3D. 

Pada jurnal ini juga membahas pengertian Virtual Reality, yaitu merupakan ruang digital dimana seluruh gerakan pengguna dapat diketahui atau dilacak dan mengetahui gambaran sekitarnya. Hasil yang didapat disusun dan ditampilkan ke indra manusia sesuai dengan gerakan-gerakan yang dilakukan. Seperti hal nya kita bermain game Counter Strike atau sejenis nya, yang dapat bergerak untuk melihat berbeda hal nya dengan Augmented Reality (AR) yang hanya bisa melihat tanpa bergerak atau berjalan ke objek tersebut.
Pada tahap desain sistem, penulis membuat aplikasi menggunakan ARToolkit lewat perantara library UnityAR. UnityAR berfungsi sebagai penghubung antara ARToolkit dengan Unity3D. Pada tahap pembuatan aplikasi penulis menggunakan 3DS max sebagai objek utama.

Kelebihan
  • Teori yang di jelaskan penulis cukup banyak
  • Bahasa yang digunakan penulis mudah dimengerti
Kekurangan
  • Pada tahap pembuatan nya penulis hanya sedikit menjelaskan nya.
  • Pada gambar hasil dari Virtual Reality di jurnal ini terlihat pencahayaan nya kurang di perhatikan oleh penulis sehingga terlihat agak gelap.
  • Penulis hanya menjelaskan implementasi dan uji coba nya saja dan tidak menjelaskan cara pembuatan nya
 Sumber :
Download Jurnal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar